Jumat, 09 September 2016

Tugas review Psikologi Pelayanan

Halo selamat pagi, siang, ataupun malam semua.. 

Setelah sekian lama blog ini karatan saya mulai untuk mencoba menulis blog ini dan semoga isinya masi layak untuk di baca dan di simak.

OK, blog pertama saya akan sedikit membahas tentang "Psikologi Pelayanan" terpaduan antara Psikologi yang biasa dikenal sebagai membaca atau memahami karakter manusia dan Pelayanan yang sangat familiar ada di bidang jasa, dan kali ini pelayanan yang saya maksud adalah pelayanan di bidang jasa hospitality and tourism industry.

Psikologi Pelayanan

  Psikologi berasal dari kata psyche = jiwa, dan logos = ilmu pengetahuan. Psikologi di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingah laku manusia.

Dan pengertian pelayanan adalah proses interaksi antara seseorang yang berupaya memenuhi kebutuhan dengan seseorang yang ingin terpenuhi kebutuhannya. 

Nah sekarang saatnya kita bahas apa sangkut paut Psikologi dan Pelayanan.
Guys, jadi saat kita berkerja atau berada dalam ruang lingkup hospitality and tourism industry kita perlu untuk memahami tujuan psikologi, diantaranya :
- Untuk memahami perikaku konsumen atas apa yang mereka inginkan dalam berinterksi dengan lingkungannya
- Untuk memprediksi perilaku dari gestur dan tindakan balik mereka terhadap kita
- Untuk mengubah perilaku mereka bagaimana agar puas terhadap apa yang kita kerjakan

Dan apa ajasih pelayanan yang ada dalam pariwisata ? 
Pelayanan adalah suatu komponen produk wisata. Dan produk wisata adalah rangkaian produk berupa barang atau jasa yang diperuntukan seseorang dari awal perjalanan sampai akhir perjalanan seperti attraction (natural, manmade, dan culture), accommodation, accesibillities (transportasi, komunikasi), aminities (post office, money changer, hospital, road, bank, etc), activities (to do, to buy, to see).
Dan faktor penentu keberhasilan produk wisata yaitu para wisatawan atau pengunjung atas apa yang telah kita berikan.

Objek wisata adalah sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar wisatawan ingin datang atau berkunjung ke tempat tersebut.

Tantangan Pariwisata Indonesia saat ini :
·         Dari sisi Global di Indonesia telah MEA ( Masyarakat Ekonomi ASIA ) yang artinya pekerja dan produk produk negara asing dari Asia Tenggara bisa leluasa dengan mudahnya keluar dan masuk Indonesia secara bebas dan begitupun sebaliknya.
·         Kebijakan kebijakan negara yang seharusnya bisa memaksimalkan sumber daya yang banyak tedapat di Indonesia mulai dari alam, buatan atau sejarahnya.

Ø Di Indonesia terdapat wisata alam yang seharusnya pemerintah bisa explore. Dan pemerintah harus lebih memperhatikan tempat tempat yang memiliki potensi wisata begitu juga masyarakat sekitar agar diberi pembekalan untuk dapat memanfaatkan apabila ada suatu objek wisata di daerah mereka. Seperti contoh beberapa surga wisata alam yang terdapat di Indonesia
   > http://www.asliindonesia.net/2015/04/7-surga-tersembunyi-di-indonesia.htmlIndonesia miliki 
Ø  Manmade Indonesia juga dapat digunakan untuk dijadikan tempat wisata
Ø  Dan Indonesia juga memiliki beragam kebudayaan yang seharusnya masyarakat Indonesia tidak malu untuk menampilkan atau melestarikan kepada generasi muda agar kebudayaan kita tidak di curi oleh negara lain dan tidak di lupakan. Salah satu cara melestarikannya adalah dengan cara membuat sebuah tarian yang di kemas menjadi lebih modern atau kita juga dapat melestarikan budaya dengan cara menggunakan pakaian daerah yang Indonesia memiliki banyak macamnya. Masih banyaknya aspek yang kurang terhadap pariwisata saat ini, mulai dari akses jalan yang kurang mendukung, pola perilaku masyarakat sekitar yang membedakan wisatawan local dan mancanegara, ataupun banyaknya fasilitas yang kurang mendukung padahal Indonesia sangat potensial dan bisa menjadi kiblatnya wisata dunia apabila semua pro dan kontranya bisa di selesaikan secara baik dan benar.

Karakter Jasa :
- Produk tidak dapat dipegang hanya dapat dirasakan
- Tidak dapat di simpan apalagi tidak digunakan pada saat itu maka akan hilang selamanya
- Tidak dapat dipisahkan antara proses produksi dan pengunaanya

           Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan pelayanan
- Membangun suatu kesan yang bercitrakan positif pada pelayanan yang telah kita berikan
- Berusaha untuk selalu mengerti apa yang pelanggan minta
- Mengenal karakteristik pelanggan dari apa respon balik mereka terhadap apa yang telah kita sampaikan


Nah guys, dari semua pembahasan di atas bisa di simpulkan bahwa Psikologi Pelayanan adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam proses interaksi kerja di industri jasa pelayanan.




Sekian ulasan sedikit dari saya sampai ketemu di blog selanjutnya. Semoga bermanfaat! :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar